Pages

Labels

This is featured post 1 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 2 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 3 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 4 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 5 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Footer Widget 2

Sabtu, 10 Oktober 2015

Tugas Tutorial 1 Keterampilan Menulis PDGK 4305, 2015.2


TUGAS TUTORIAL 1
KETERAMPILAN MENULIS/PDGK 4305/2 SKS
2015.2

1. a. Sebut dan jelaskan enam fungsi/tujuan menulis!
    b.Tulislah  judul tulisan  (sebagai contoh) untuk memperjelas setiap fungsi/tujuan pada jawaban a!
    c. Fungsi informatif dan fungsi heuristik tampak bertentangan. Apakah salah satu ada yang keliru 
sebagai  sebuah fungsi/tujuan menulis? Jelaskan jawab Anda!


2. Salah satu faktor penyebab tidak banyak orang suka menulis menurut Graves (1978) adalah karena 
merasa tidak berbakat menulis. Bagaimanakah cara Anda mengatasi faktor tersebut sehingga Anda 
menjadi orang yang suka atau mau menulis?

3. Cermatilah tabel berikut, kemudian isilah sesuai dengan pemahaman Anda terhadap contoh 1, 2, dan 3!

No.
Pertanyaan
Jawaban Contoh ke-
1
2
3
1.
Apakah yang ingin dicapai penulis melalui karangan?



2.
Siapakah yang menjadi sasaran karangan?



3.
Materi tentang apakah yang disajikan dalam karangan?



4.
Bagaimanakah ciri-ciri bahasa yang digunakan penulis dalam karangan?



5.
Berdasarkan karakteristiknya, apakah jenis karangan tersebut?



   

Contoh 2
        Debu beterbangan saat aku membuka lemari tua milik mendiang Eyang Kakung. Aku mencari-cari kardus bertuliskan Nadira Nurmala,  milik ibu. Ah, akhirnya ketemu juga. Tidak hanya satu , malah empat atau lima kardus. Isinya rata-rata kitab-kitab ibu saat dulu nyantri, dua buah album pernikahan bapak dan ibu yang tampak usang dan tak jelas lagi gambar-gambarnya, dan beberapa buku tua. Mataku terpicing melihat sebuah buku tebal  bersampul hijau gelap. Aku membukanya. Semua bagian buku ini berisi tulisan tangan ibu. Sebuah catatan hariankah? Aku tertarik untuk membaca.
Aku masih ingat pertemuan pertama itu. Saat aku baru saja dihukum oleh pengurus pesantren karena ketahuan kabur ke pantai bersama Leila...
“Pakai ini, Fitri.” Bram muncul dari belakangku, ia mengenakan celemek dan masker untukku.
“Apa yang kau baca?”
“Err...tidak ada,” aku buru-buru memasukkan catatan harian ibu ke dalam ranselku. 
“Bagaimana undangan pernikahan kita? Sudah beres?” tanyaku setengah berbisik.
“Tentu, tinggal disebarkan saja,” tukasnya sambil pergi ke ruang tengah. Mataku sempat menangkap setitik cahaya terpantul dari cincin pertunangan denganku yang tersemat di jari manis Bram.                                                                                            (Oleh: Ayu Larasati)                                                                                                                                                                             



Contoh 3

Layar Lumia 930 yang dikelilingi bezel berwarna hitam terlihat mendominasi bagian depan perangkat ini, mungkin karena frame dari bahan logam yang lebih ringkas dibandingkan Lumia 925. 

Pinggiran-pinggiran layar itu membulat pada bagian yang bertemu dengan frame sehingga mengesankan Lumia 930 dilapis kaca berbentuk cembung. 

Kaca pada display smartphone ini tak lain adalah jenis anti-gores Gorilla Glass 3 yang merupakan generasi terbaru dari pembuatnya, Corning. Di bawah layar terletak deretan tiga softbutton navigasi standar Windows Phone. 

Di samping berukuran lebih besar, resolusi layar pun ditingkatkan mencapai tingkat full-HD (1920x1080) sehingga lebih sebanding dengan ponsel flagship masa kini dari pabrikan lain.

Seperti ponsel pendahulunya, punggung Lumia 930 terbuat dari bahan plastik karbonat yang memiliki tekstur kesat serupa karet. 
Sisi kanan Lumia 930 memuat beberapa tombol fisik. Selain tombol daya dan pengatur volume, ada juga sebuah tombol shutter yang bisa digunakan untuk menjepret foto di aplikasi kamera. Sisi kiri smartphone ini dibiarkan polos alias tak memuat tombol apapun.

Port microUSB untuk melakukan pengisian baterai dan transfer data diposisikan di bagian bawah, sementara di bagian atas terdapat konektor jack audio 3,5 inci dan “laci” SIM card yang mesti ditarik keluar untuk memasukan kartu.

SIM card yang digunakan oleh Lumia 930 berjenis nano-SIM, tipe terkecil yang kini mulai banyak dipakai oleh gadget mobile.
       
4. Buatlah kalimat dengan kata yang Anda anggap baku pada setiap  pasangan di bawah ini!
a. resiko - risiko
b. sekadar - sekedar 
c. analisis - analisa
d. kompleks - komplek
e. tim - team

5.  Cermati paragraf berikut!
(1) Jepang adalah merupakan negara kepulauan yang cukup padat dengan penduduk lebih daripada seratus juta jiwa. (2) Sebagaimana negara yang semakin makmur, masyarakat Jepang mengalami perubahan pola pangan yaitu menggeser beras sebagai sumber kalori. (3) Sumber daripada kalori beras digantikan oleh produk ternak, terigu, dan ikan. (4) Ini menunjukan bahwa peran beras sebagai pangan pokok sedikit demi sedikit mulai digantikan. (5) Kini, 30% masyarakat Jepang mengkonsumsi beras sebagai pangan pokok mereka.

       a. Tulislah tujuh kata atau frase yang Anda anggap salah dalam   paragraf di atas!
       b. Berdasarkan jawaban a, tulis ulang paragraf di atas. Garis bawahilah kata atau frase 
           perbaikan yang telah Anda lakukan!



*******************************selamat mengerjakan***************************

0 komentar:

Posting Komentar