Pages

Labels

This is featured post 1 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 2 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 3 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 4 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 5 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Footer Widget 2

Rabu, 23 Mei 2012

Tugas Tutorial Semester 9


TUGAS TUTORIAL 1


Mata Kuliah
:
Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar / PDGK 4504
Semester
:
IX (sembilan)
S K S
:
3 (tiga)
Nama Tutor
:
Dra. Sri Yuliyarti



1.Jelaskan empat persiapan yang perlu  dilakukan sebelum menugasi siswa  melaksanakan sosiodrama atau bermain peran!

2. Dalam kelas Whole Language guru berperan menjadi fasilitator bukan desiminator ( Lanne &  
    Sysmith ).  Jelaskan!

3. Susunlah langkah-langkah pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 5 atau 6 dengan  menerapkan komponen shared reading ( membaca bersama ). Jangan lupa libatkan 3 keterampilan berbahasa yang lain agar KBM  menjadi kegiatan yang utuh, riil, dan tidak terpisah-  pisah!

4. Jelaskan menggunakan matriks perbedaan Kurikulum 1994 dengan KBK ditinjau dari materi    
    pelajaran, tujuan, penilaian, dan perhatian terhadap kebutuhan dan lingkungan peserta didik!

5. Susunlah sebuah contoh silabus mata pelajaran bahasa Indonesia dengan ketentuan
     a. format  : model esai
     b. waktu  : 2 jam pelajaran
     c. tema    :  tema yang akan Anda ajarkan  minggu depan





TUGAS TUTORIAL 2

Mata Kuliah
:
Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar / PDGK 4504
Semester
:
IX (sembilan)
S K S
:
3 (tiga)
Nama Tutor
:
Dra. Sri Yuliyarti


 1. Jelaskan persamaan dan perbedaan fonetik dengan fonemik!

2. Berdasarkan identitas mata pelajaran, kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator 
    yang  terdapat pada latihan halaman 4.33

    a. Rumuskan minimal tiga tujuan pembelajaran
    b. Tulislah soal-soal tertulis untuk mengukur tujuan pembelajaran

3. Indonesia sedang berduka.
    a. Namailah kalimat di atas berdasarkan
        1) jumlah inti yang membentuk kalimat
        2) jumlah kontur
        3) jumlah inti dan urutan subjek predikatnya
        4)  jumlah pola kalimat    
        5) jenis dan bentuk kata kerja serta subjek predikatnya
    b. 1) Tentukan pola kalimatnya
        2) Hitung jumlah frasa dan tulislah frasanya
        3) Tentukan jenis frasa menurut hubungan antarunsurnya

4. Jabarkan Kompetensi Dasar Membaca intensif teks  menjadi langkah pembelajaran 
   dalam bentuk bagan seperti gambar 5.1 halaman 5.22

5. Tentukan pola kalimat di bawah ini dan namailah berdasarkan jumlah pola kalimat
    a. Jika faktor kebersihan kurang diperhatikan, para pengungsi mudah terserang berbagai  
        penyakit.
    b. Pemberian bantuan kemanusiaan untuk korban tsunami Mentawai  harus dikelola dengan
        baik supaya semua korban mendapat bantuan.
    c. Banyak pengungsi yang belum menerima santunan padahal jumlah bantuan sangat
        membludak.





TUGAS TUTORIAL 3



Mata Kuliah
:
Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar / PDGK 4504
Semester
:
IX (sembilan)
S K S
:
3 (tiga)
Nama Tutor
:
Dra. Sri Yuliyarti


 1. Kegiatan prabaca meliputi lima langkah. Sebutkan kelima langkah tersebut dan berilah  
    masing-masing satu contoh. Contoh-contoh berasal dari KD atau materi yang sama!

2. Jelaskan langkah-langkah mengajarkan menulis dengan model copy the master!

3. Sebagai suatu keterampilan, menyimak bertujuan untuk berkomunikasi karena meliputi
    keterampilan yang bersifat aural dan oral. Jelaskan yang dimaksud bersifat aural dan bersifat
   oral!
4. Tulislah sebuah contoh wacana untuk tes isian rumpang (cloze procedure). Penanggalan kata
    dilakukan secara teratur!

0 komentar:

Posting Komentar