NO.
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NO.
SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1.
2.
|
Membaca
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana
tulis teks nonsastra berbentuk grafik/ tabel, artikel, tajuk rencana,
laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai jenis paragraf (naratif,
deskriptif, argumentatif, persuasif, dan eksposisi), serta teks sastra
berbentuk puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya sastra
berbagai angkatan dan sastra Melayu Klasik.
Menulis
Menulis, menyunting, dan menggunakan
berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat,
perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi,
argumentatif, teks pidato, artikel/esai, proposal, surat dinas, surat dagang,
rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai
karya sastra berbentuk.
puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan
esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan,
ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa.
|
1.Menentukan unsur-unsur paragraf suatu artikel
|
Unsur-Unsur Paragraf
|
Disajikan sebuah
paragraf yang di dalamnya terdapat ide pokok, siswa dapat menentukan ide pokok
Disajikan sebuah
paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat utama, siswa dapat menentukan kalimat utama
paragraf
Disajikan sebuah paragraph yang di dalamnya terdapat kalimat
tidak padu, siswa dapat menentukan kalimat yang tidak padu
|
1
2
3
|
PG
PG
PG
|
2.Menentukan isi paragraf: fakta.opini, pernyataan/jawaban
pertanyaansesuai isi, tujuan penulis, arti kata/ istilah, isi biografi
|
Fakta
Opini
Isi Biografi Tokoh
|
Disajikan sebuah paragraf , siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai isi paragraf
Disajikan sebuah paragraf , siswa dapat menentukan tujuan penulis
Disajikan kutipan biografi tokoh yang di
dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh tersebut, siswa dapat
menentukan hal yang diteladani/yang menarik dari tokoh tersebut
|
4
5
6
|
PG
PG
PG
|
||
3.Menentukan opini dan
pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial
4. Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram, atau tabel
5.Menentukan unsur-unsur
intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu Klasik/hikayat
|
Opini
Fakta
Pihak
yang dituju dalam Tajuk Rencana
Isi dan simpulan grafik, diagram, atau tabel
Unsur-unsur intrinsik dan
ekstrinsik sastra Melayu Klasik/hikayat
|
Disajikan kutipan
biografi tokoh yang di dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh
tersebut, siswa dapat menentukan arti
istilah yang terdapat dalam kutipan
Disajikan kutipan tajuk
rencana, siswa dapat menentukan kalimat berupa simpulan opini
penulis/editorial
Disajikan kutipan tajuk
rencana, siswa dapat menentukan pihak
yang dituju
Disajikan
grafik, diagram, atau tabel, siswa dapat menentukan:
(1)
pernyataan yang sesuai dengan isi/data grafik, diagram,
atau tabel
(2)
simpulan isi/data grafik, diagram, atau tabel
Disajikan
kutipan hikayat, siswa dapat menentukan:
(1) kemustahilan yang terdapat dalam hikayat
(2) keteladanan
(3) amanat
|
7
8
9
10
11
12
13
14
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
||
6.Menentukan unsur-unsur intrinsik novel, cerpen, drama
7.Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi
8.Menentukan isi puisi lama: pantun,gurindam
9.Menulis paragraf padu
10.Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang
padu
|
Unsur-unsur intrinsik novel, cerpen, drama
Unsur-unsur intrinsik puisi
Isi puisi lama: pantun,gurindam
Paragraf padu
Bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu
|
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa dapat menentukan:
(1)
deskripsi watak tokoh
(2)
pembuktian watak tokoh dalam
kutipan
(3)
sudut pandang yang terdapat
dalam kutipan
Disajikan sebuah puisi
yang menggunakan kata berlambang , siswa dapat
menentukan makna kata berlambang dalam puisi
Disajikan sebait gurindam, siswa dapat menentukan
isi gurindam tersebut
Disajikan sebait pantun, siswa dapat menentukan isi
pantun tersebut
Disajikan lima kalimat acak, siswa dapat menyusun
sebuah paragraf padu
Disajikan sebuah silogisme yang dirumpangkan PU, siswa dapat melengkapinya dengan pernyataan yang tepat
Disajikan sebuah silogisme yang dirumpangkan PU, siswa dapat melengkapinya dengan pernyataan yang tepat serta mengubahnya menjadi silogisme
Disajikan sebuah paragraf analogi yang dirumpangkan kalimat
simpulannya, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat simpulan yang tepat
Disajikan sebuah topik,
siswa mengembangkannya menjadi sebuah paragraf generalisasi minimal lima
kalimat
Disajikan sebuah topik,
siswa mengembangkannya menjadi sebuah paragraf analogi minimal lima kalimat
Disajikan sebuah paragraf sebab-akibat yang dirumpangkan kalimat
berupa akibat, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat akibat yang tepat
|
15
16
17
18
19
20
21
22
5
23
1
2
24
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
Esai
PG
Esai
Esai
PG
|
||
11.Melengkapi teks pidato
12.Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan,
kata ulang, ungkapan ,peribahasa
13.Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam
paragraf
|
Teks pidato
Paragraf
Penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf
|
Disajikan sebuah teks pidato yang dirumpangkan sebuah kalimat
persuasi, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat persuasi yang tepat
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata
baku, siswa dapat melengkapinya dengan kata baku yang tepat
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga
sampai lima kata serapan, siswa dapat melengkapinya dengan kata serapan yang
tepat
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata
berimbuhan, siswa dapat melengkapinya dengan kata berimbuhan yang tepat
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan kata ulang, siswa dapat
melengkapinya dengan kata ulang yang tepat
Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan
ungkapan yang tepat
Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan
peribahasa yang tepat
Disajikan sebuah paragraf yang
dirumpangkan kata penghubung, siswa
dapat melengkapinya dengan kata penghubung
yang tepat
|
25
26
27
28
29
30
31
32
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
||
14.Menyunting kalimat dalam surat resmi
15.Menulis judul sesuai EYD
16.Menulis karya ilmiah ( latar belakang dan rumusan masalah
|
Kalimat dalam surat resmi
Judul sesuai EYD
Karya
ilmiah ( latar belakang dan rumusan masalah
|
Disajikan penulisan pemerian
dalam surat yang tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya
Disajikan kalimat pembuka surat
lamaran pekerjaan yang salah, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya
Disajikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang salah
penulisan dan diksinya, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya
Disajikan kalimat penutup surat resmi yang salah penulisan dan
diksinya, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya
Disajikan judul karangan yang salah penulisannya, siswa dapat menentukan
penulisan judul yang sesuai EYD sebagai perbaikannya
Disajikan sebuah ilustrasi berupa latar belakang masalah, siswa dapat
menentukan kalimat rumusan masalah dan pemecahan masalah sesuai
ilustrasi
|
33
34
34
35
3
4
|
PG
PG
PG
PG
Esai
Esai
|
||
17.Melengkapi larik puisi lama/baru ( dengan kata kias/berlambang/
berima/bermajas
18.Melengkapi dialog drama
19.Menentukan kalimat resensi
20.Menentukan kalimat kritik
21.Menentukan kalimat esai
|
Puisi lama/baru
Dialog drama
Resensi
Kritik
Esai
|
Disajikan puisi yang dirumpangkan lariknya
(yang berupa majas), siswa dapat menentukan majas yang tepat untuk
melengkapinya
Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat melengkapi dialog yang
rumpang
Disajikan 2 kutipan resensi yang memuat beberapa unsur resensi (
keungulan, kelemahan, nilai, kepengarangan, dll), siswa dapat menentukan bahwa kutipan tersebut berupa resensi dengan
alasan yang tepat.
Disajikan penjelasan
buku/kutipan karya sastra yang di dalamnya terdapat penilaian keunggulan,
kelemahan, atau keunikan karya tersebut, siswa dapat menentukan kalimat
kritik yang sesuai dengan penjelasan/kutipan karya tersebut
Disajikan sebuah paragraf esai, siswa
menentukan kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut
|
36
37
38
39
40
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
Minggu, 20 Mei 2012
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SMA NEGERI 3
PURWOKERTO
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Purwokerto,10 Februari 2012
Kepala
SMA Negeri 3 Purwokerto Guru Mata pelajaran
Drs.
H.Warmanto, M.Pd Dra. Sri Yuliyarti
NIP 19570830 198403 1 009 NIP
19630730 199403 2 001
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar