Pages

Labels

This is featured post 1 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 2 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 3 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 4 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 5 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Footer Widget 2

Minggu, 20 Mei 2012

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA


KISI-KISI  SOAL UJIAN SEKOLAH
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SMA NEGERI 3 PURWOKERTO
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
 

NO.
STANDAR KOMPETENSI  LULUSAN
INDIKATOR
MATERI
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
BENTUK SOAL
1.









































































2.
Membaca
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik/ tabel, artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif, persuasif, dan eksposisi), serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu Klasik.





























































































Menulis

Menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, teks pidato, artikel/esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk.
puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa.




















































1.Menentukan unsur-unsur paragraf suatu artikel











Unsur-Unsur Paragraf

Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat ide pokok, siswa dapat menentukan ide pokok


Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat utama, siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf

Disajikan sebuah paragraph yang di dalamnya terdapat kalimat tidak padu, siswa dapat menentukan kalimat yang tidak padu


1



 2


 3















PG



PG


PG













2.Menentukan isi paragraf: fakta.opini, pernyataan/jawaban pertanyaansesuai isi, tujuan penulis, arti kata/ istilah, isi biografi



Fakta
Opini





Isi Biografi Tokoh

Disajikan sebuah paragraf , siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai isi  paragraf

Disajikan sebuah paragraf , siswa dapat menentukan tujuan penulis


Disajikan kutipan biografi tokoh yang di dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh tersebut, siswa dapat menentukan hal yang diteladani/yang menarik dari tokoh tersebut

4


5





6

PG


PG





PG







3.Menentukan opini dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial


4. Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram, atau tabel



5.Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu Klasik/hikayat







Opini
 Fakta
Pihak yang dituju dalam Tajuk Rencana


Isi dan simpulan grafik, diagram, atau tabel




Unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu Klasik/hikayat



Disajikan kutipan biografi tokoh yang di dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh tersebut, siswa dapat menentukan arti istilah yang terdapat dalam kutipan

Disajikan kutipan tajuk rencana, siswa dapat menentukan kalimat berupa          simpulan opini penulis/editorial

  Disajikan kutipan tajuk rencana, siswa dapat menentukan pihak yang dituju


Disajikan grafik, diagram, atau tabel, siswa dapat menentukan:
(1)       pernyataan yang sesuai dengan isi/data grafik, diagram, atau tabel
(2)       simpulan isi/data grafik, diagram, atau tabel


Disajikan kutipan hikayat, siswa dapat menentukan:
(1)   kemustahilan yang terdapat dalam hikayat
(2)   keteladanan
(3)   amanat





7




8


9





10

11


12
13
14





PG




PG


PG





PG

PG


PG
PG
PG


6.Menentukan unsur-unsur intrinsik novel, cerpen, drama


7.Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi



8.Menentukan isi puisi lama: pantun,gurindam



9.Menulis paragraf  padu



10.Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu











Unsur-unsur intrinsik novel, cerpen, drama



Unsur-unsur intrinsik puisi




Isi puisi lama: pantun,gurindam




Paragraf  padu




Bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu

Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa dapat menentukan:
(1)   deskripsi watak tokoh
(2)   pembuktian watak tokoh dalam kutipan
(3)   sudut pandang yang terdapat dalam kutipan


Disajikan sebuah puisi yang menggunakan kata berlambang , siswa dapat menentukan makna kata berlambang dalam puisi


Disajikan sebait gurindam, siswa dapat menentukan isi gurindam tersebut

Disajikan sebait pantun, siswa dapat menentukan isi pantun tersebut

Disajikan lima kalimat acak, siswa dapat menyusun sebuah paragraf padu



Disajikan sebuah silogisme yang dirumpangkan  PU, siswa dapat melengkapinya dengan pernyataan  yang tepat

Disajikan sebuah silogisme yang dirumpangkan  PU, siswa dapat melengkapinya dengan pernyataan  yang tepat serta mengubahnya menjadi silogisme

Disajikan sebuah paragraf analogi yang dirumpangkan kalimat simpulannya, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat simpulan yang tepat

Disajikan sebuah topik, siswa mengembangkannya menjadi sebuah paragraf generalisasi minimal lima kalimat

Disajikan sebuah topik, siswa mengembangkannya menjadi sebuah paragraf analogi minimal lima kalimat

Disajikan sebuah paragraf sebab-akibat yang dirumpangkan kalimat berupa akibat, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat akibat yang tepat


15
16
17


18



19


20


21





22



5


23



1


2


24

PG
PG
PG


PG



PG


PG


PG





PG



Esai


PG



Esai


Esai


PG



11.Melengkapi teks pidato



12.Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan ,peribahasa















13.Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf
Teks pidato




Paragraf





















Penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf

Disajikan sebuah teks pidato yang dirumpangkan sebuah kalimat persuasi, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat persuasi yang tepat


Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata baku, siswa dapat melengkapinya dengan kata baku yang tepat

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata serapan, siswa dapat melengkapinya dengan kata serapan yang tepat

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata berimbuhan, siswa dapat melengkapinya dengan kata berimbuhan yang tepat

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan kata ulang, siswa dapat melengkapinya dengan kata ulang yang tepat

Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat

Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan peribahasa yang tepat


Disajikan sebuah paragraf  yang dirumpangkan kata penghubung,  siswa dapat melengkapinya dengan kata penghubung  yang tepat





25




26



27



28



29


30


31




32


PG




PG



PG



PG



PG


PG


PG




PG






14.Menyunting kalimat dalam surat resmi












15.Menulis judul sesuai EYD


16.Menulis karya ilmiah ( latar belakang dan rumusan masalah


Kalimat dalam surat resmi













Judul sesuai EYD



Karya ilmiah ( latar belakang dan rumusan masalah




Disajikan penulisan pemerian  dalam surat yang tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya

Disajikan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang salah, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya

Disajikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang salah penulisan dan diksinya, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya

Disajikan kalimat penutup surat resmi yang salah penulisan dan diksinya, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya

Disajikan judul karangan yang salah penulisannya, siswa dapat menentukan penulisan judul yang sesuai EYD sebagai perbaikannya

Disajikan sebuah ilustrasi berupa latar belakang masalah,   siswa dapat menentukan kalimat rumusan masalah dan pemecahan masalah sesuai ilustrasi






33


34


34


35




3



4



PG


PG


PG


PG




    Esai



Esai








17.Melengkapi larik puisi lama/baru ( dengan kata kias/berlambang/ berima/bermajas

18.Melengkapi dialog drama


19.Menentukan kalimat resensi



20.Menentukan kalimat kritik



21.Menentukan kalimat esai

Puisi lama/baru





Dialog drama



Resensi




Kritik




Esai



Disajikan puisi yang dirumpangkan lariknya (yang berupa majas), siswa dapat menentukan majas yang tepat untuk melengkapinya



Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat melengkapi dialog yang rumpang


Disajikan 2 kutipan resensi yang memuat beberapa unsur resensi ( keungulan, kelemahan, nilai, kepengarangan, dll), siswa dapat menentukan bahwa kutipan tersebut berupa resensi dengan alasan yang tepat.

Disajikan penjelasan buku/kutipan karya sastra yang di dalamnya terdapat penilaian keunggulan, kelemahan, atau keunikan karya tersebut, siswa dapat menentukan kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan/kutipan karya tersebut

Disajikan sebuah paragraf esai, siswa menentukan kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut



36





37



38




39




40

PG





PG



PG




PG




PG

                                                                                                                                                                        Purwokerto,10 Februari 2012
                                                Kepala SMA Negeri 3 Purwokerto                                                                 Guru Mata pelajaran




                                                Drs. H.Warmanto, M.Pd                                                                                 Dra. Sri Yuliyarti
                                                NIP  19570830 198403 1 009                                                                        NIP 19630730 199403 2 001



                                                                                                                                   


0 komentar:

Posting Komentar