Selasa, 29 Mei 2012
Paragraf Induktif Generalisasi
CONTOH-CONTOH
PARAGRAF INDUKTIF GENERALISASI
1. Kepala
SMA Negeri 3 Purwokerto mengimbau siswa-siswa kelas XII yang baru lulus untuk
memberikan baju seragam putih abu-abu dan seragam pramuka. Baju-baju tersebut
dikumpulkan ke Tata Usaha sebelum didistribusikan kepada yang membutuhkan.
Setelah dihitung, diperoleh data jumlah siswa yang melaksanakan imbauan tersebut. Kelas XII IPA 1 dan IPA 3
90%, lebih baik daripada IPA 4 dan IPA 5
yang hanya 70% dan 75%. Kelas XII IPA 2 sama dengan IPS 1 yaitu sebesar 80%.
Kelas XII IPS 2 dan 3 mencapai 100%. Jadi, dapat dikatakan bahwa kesadaran
siswa kelas XII untuk berbagi cukup tinggi.
2.
Melalui
seperangkat instrumen; skala sikap
siswa, daftar isian guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa dengan pembelajaran berbasis masalah terhadap
kemampuan penalaran dan koneksi matematika siswa diperoleh hasil sebagai
berikut. Pembelajaran berbasis masalah membentuk siswa bersikap positif. Selain itu,
guru juga memberikan pandangan yang positif, dan siswa pun terlibat
secara aktif selama proses pembelajaran.
Jadi, pembelajaran berbasis masalah
dalam hal pengembangan penalaran dan koneksi matematika berhasil menciptakan suasana belajar yang
lebih kondusif
3.
Banyak biota laut
sakit, cedera, dan mati akibat menelan plastik bening gara-gara keliru
mengenali sampah nonorganik itu sebagai ubur-ubur, santapan lezat mereka.
Sejumlah temuan menunjukkan, mulut sejumlah anak singa laut dan anjing laut
kecil terperangkap dalam gelang segel botol dan kemasan plastik, yang tak dapat
dilepaskan bahkan dengan bantuan induk mereka. Makan tak bisa dan mereka
akhirnya mati. Jadi, hasil penelitian menemukan sampah yang dibuang ke
laut dapat merusak kelangsungan kehidupan biota laut.
.
4. Pak Beni senang membaca. Beberapa bacaan
terlihat di rumahnya. Koran, majalah, dan tabloid selalu ada di meja tamu
rumahnya. Buku-buku pengetahuan juga tampak tersusun rapi di rak bukunya.
Istrinya juga selalu memanfaatkan waktu luang untuk membaca. Anaknya yang
pertama berkacamata tebal karena gemar membaca. Sepulang sekolah anaknya yang
kedua tak pernah lepas dari buku. Keluarga Pak Beni senang membaca.
5. Orang
yang terserang influenza dan batuk dapat disembuhkan dengan rimpang kencur yang
ditumbuk dan diperas airnya, lalu diminum beberapa sendok. Orang yang terserang
radang lambung dapat diobati dengan mengunyah-ngunyah rimpang kencur sebesar
ibu jari dan ampasnya dibuang, begitu juga bila mauk angin. Penderita diare
ternyata dapat disembuhkan dengan dua iris rimpang kencur sebesar ibu jari yang
diparut, ditambah air hangat, disaring, lalu diminum. Jadi, beberapa penyakit
dapat diobati dengan meminum air rimpang kencur.
6. Minyak
sawit memiliki keunggulan tahan oksidasi dengan tekanan tinggi. Keunggulan yang
dimiliki minyak sawit membuat minyak sawit multiguna. Minyak sawit dapat
digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak makan dan margarine. Selain itu,
minyak sawit juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun, kosmetika, dan industri
farmasi.
Bahkan, minyak sawit juga digunakan sebagai bahan baku industri baja,
kawat, radio, dan kulit. Minyak sawit dapat digunakan untuk beragam peruntukan
karena keunggulannya.
7. Asap
rokok mengandung 4.000 zat kimia berbahaya untuk kesehatan. Dua di antaranya
yaitu nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogen. Nikotin
dan karsinogen yang timbul akibat pembakaran tembakau dapat memicu terjadinya
kanker. Nikotin dapat menimbulkan rasa nikmat, perasaan lebih tenang, daya pikir
serasa lebih cemerlang, mampu menekan rasa lapar, dan rasa senang sekaligus
keinginan merokok lagi. Selain itu, rokok dapat menyebabkan kerusakan
organ-organ tubuh, terutama paru-paru dan sistem saraf.Jadi, asap rokok
menimbulkan banyak kerugian bagi kesehatan.
8. Dengan
adanya teknologi e-learning siswa
dapat berbagai informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut
pelajaran dalam web. Selain itu,
dengan e-learning guru dapat menempatkan bahan-bahan belaajar dan tugas-tugas
yang harus dikerjakan oleh siswa di dalam web untuk diakses siswa. Guru dapat pula
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengakses bahan belajar tertentu atau
soal-soal ujian. Oleh karena itu, bahwa e-learning
merupakan sarana mempermudah interaksi antara peserta didik dengan materi
pelajaran.
9. Berdasarkan
hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard Women’s Health, meminum kopi
beberapa cangkir setiap hari dapat menghindarkan kita dari penyakit diabetes
tipe 2, kanker usus besar, parkinson, batu ginjal, hingga sirosis/rusaknya
fungsi hati. Mengonsumsi kopi juga dapat menghindarkan kita dari menurunnya
daya kognitif otak. Sementara itu, hasil dari 20 studi yang dilakukan oleh
berbagai peneliti di seluruh dunia menegaskan bahwa kopi dapat menghindarkan
serangan diabetes tipe 2 hingga 50%. Kandungan asam klorogenik dan zat
trigonelin ( provitamin B 3) yang terdapat pada kopi dapat menghambat
penyerapan gula serta merangsang pembentukan hormon insulin dan GLP-1.
Mengonsumsi kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.
10. Pendidikan
anak usia dini berusaha membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi
anak usia dini secara optimal. Pembinaan ini akan membentuk perilaku dan
kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya. Dengan pembinaanini siswa
akan lebih siap untuk memasuki tahap ppendidikan selanjutnya. Pendidikan usia
dini juga membangun landasan bagi perkembanagn potensi peserta didik agar
menjadi manusia beriman dan bertakwa. Selain itu, pendidikan anak usia dini
akan mengambangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional.
Pendidikan anak usia dini memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Woow bagus bu...keren...
BalasHapusIjin baca ya bu :)
BalasHapus