Pages

Labels

This is featured post 1 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 2 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 3 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 4 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 5 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Footer Widget 2

Minggu, 20 Mei 2012

SKL DAN INDIKATOR SOAL TRY OUT


SKL DAN INDIKATOR SOAL TRY OUT UN BAHASA INDONESIA 2012
 
NO
SKL
INDIKATOR  SOAL
NO.
SOAL
1.







2.




















3.


4.




5.



6.



7.




8.



9.


10.










11


12.















13.







14.














15.


16.


17.



18.


19.




20.



21
Menentukan unsur-unsur paragraf : ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas






Menentukan isi paragraf: fakta.opini, pernyataan/jawaban pertanyaansesuai isi, tujuan penulis, arti kata/ istilah, isi biografi















                

Menentukan opini dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial

Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram, atau tabEL

                                       

Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu Klasik/hikayat


Menentukan unsur-unsur intrinsik novel, cerpen, drama



Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi



Menentukan isi puisi lama: pantun,gurindam


Menulis paragraf  padu


Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu









Melengkapi teks pidato


Melengkapi paragrapf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan ,peribahasa













Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf






Menyunting kalimat dalam surat resmi














Menulis judul sesuai EYD


Menulis karya ilmiah ( latar belakang dan rumusan masalah)

Melengkapi larik puisi lama/baru ( dengan kata kias/berlambang/ berima/bermajas

Melengkapi dialog drama


Menentukan kalimat resensi




Menentukan kalimat kritik



Menentukan kalimat esai
Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat ide pokok, siswa dapat menentukan ide pokok

Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat utama, siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf

Disajikan sebuah kalimat utama, siswa dapat menentukan kalimat penjelas yang sesuai


Disajikan sebuah paragraf , siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai isi  paragraf

Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat fakta, siswa dapat menentukan fakta dalam paragraf

Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat opini, siswa dapat menentukan opini dalam paragraf

Disajikan kutipan biografi tokoh yang di dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh tersebut, siswa dapat menentukan hal yang diteladani/yang menarik dari tokoh tersebut

Disajikan kutipan biografi tokoh yang di dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh tersebut, siswa dapat menentukan isi biografi

Disajikan kutipan biografi tokoh yang di dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh tersebut, siswa dapat menentukan arti istilah yang terdapat dalam kutipan







Disajikan kutipan tajuk rencana, siswa dapat menentukan kalimat berupa          simpulan opini penulis/editorial

  Disajikan kutipan tajuk rencana, siswa dapat menentukan pihak yang dituju
Disajikan grafik, diagram, atau tabel, siswa dapat menentukan:
(1)       pernyataan yang sesuai dengan isi/data grafik, diagram, atau tabel
(2)       simpulan isi/data grafik, diagram, atau tabel


Disajikan kutipan hikayat, siswa dapat menentukan:
(1)   kemustahilan yang terdapat dalam hikayat
(2)   nilai
(3)   amanat
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa dapat menentukan:
(1)   deskripsi watak tokoh
(2)   pembuktian watak tokoh dalam kutipan
(3)   sudut pandang yang terdapat dalam kutipan

Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan:
(1)   makna kata berlambang dalam puisi
(2)   maksud isi puisi

Disajikan sebait gurindam, siswa dapat menentukan isi gurindam tersebut

Disajikan sebait pantun, siswa dapat menentukan isi pantun tersebut

Disajikan lima kalimat acak, siswa dapat menyusun sebuah paragraf padu.


Disajikan sebuah silogisme yang dirumpangkan  K, siswa dapat melengkapinya dengan pernyataan  yang tepat

Disajikan sebuah paragraf analogi yang dirumpangkan kalimat simpulannya, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat simpulan yang tepat

Disajikan sebuah paragraf generalisasi yang dirumpangkan kalimat simpulannya, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat simpulan yang tepat

Disajikan sebuah paragraf sebab-akibat yang dirumpangkan kalimat berupa akibat, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat akibat yang tepat

Disajikan sebuah teks pidato yang dirumpangkan sebuah kalimat persuasi, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat persuasi yang tepat

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata baku, siswa dapat melengkapinya dengan kata baku yang tepat

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata serapan, siswa dapat melengkapinya dengan kata serapan yang tepat

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata berimbuhan, siswa dapat melengkapinya dengan kata berimbuhan yang tepat

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan kata ulang, siswa dapat melengkapinya dengan kata ulang yang tepat

Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat

Disajikan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan peribahasa yang tepat

Disajikan sebuah paragraf deskripsi yang dirumpangkan frasa adjektiva, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat frasa adjektiva yang tepat


Disajikan sebuah paragraf  yang dirumpangkan kata penghubung,  siswa dapat melengkapinya dengan kata penghubung  yang tepat


Disajikan penulisan alamat  surat yang salah penulisan dan diksinya, siswa dapat menentukan perbaikannya

Disajikan penulisan pemerian  dalam surat yang tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya

Disajikan kalimat pembuka surat yang salah penulisan dan diksinya, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya

Disajikan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang salah, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya

Disajikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang salah penulisan dan diksinya, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya

Disajikan kalimat penutup surat resmi yang salah penulisan dan diksinya, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya

Disajikan judul karangan yang salah penulisannya, siswa dapat menentukan penulisan judul yang sesuai EYD sebagai perbaikannya

Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat latar belakang  masalah sesuai ilustrasi
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat rumusan masalah sesuai ilustrasi

Disajikan puisi yang dirumpangkan lariknya (yang berupa majas), siswa dapat menentukan majas yang tepat untuk melengkapinya


Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat melengkapi dialog yang rumpang


 Disajikan 2 kutipan resensi yang memuat beberapa unsur resensi ( keungulan, kelemahan, nilai, kepengarangan, dll), siswa dapat menentukan bahwa kutipan tersebut berupa resensi dengan alasan yang tepat.



Disajikan penjelasan buku/kutipan karya sastra yang di dalamnya terdapat penilaian keunggulan, kelemahan, atau keunikan karya tersebut, siswa dapat menentukan kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan/kutipan karya tersebut

Disajikan sebuah paragraf esai, siswa menentukan kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut




1

2


3


4

5

6

7


8


9








10



11
12



13
14
15

16
17
18


19
20

21

22

23


24

25


26


27


28


29


30


31


32


33

34

35



36



37

38

39


40

41


42


43


44
45

46



47


48




49



50





                                                                                                                                                                                                                Purwokerto, 31 Januari 2012
                                                                                                                                                                                                                Guru Pengampu,


                                                                                                                                                                                                                Sri Yuliyarti

Selamat berjuang, semoga sukses!

4 komentar:

  1. contoh soalnya mana ya mbak? butuh nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan saya kirimkan via email Anda saja. Jadi, tolong saya diberi alamat email.

      Hapus
  2. Krim soal ke email sya mbak. Malikaardini@gmail.com

    BalasHapus
  3. Kirimi ke malikaardini@gmail.co.id saja yaaa. Makasiii

    BalasHapus