NO
|
SKL
|
INDIKATOR SOAL
|
NO.
SOAL
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21
|
Menentukan
unsur-unsur paragraf : ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas
Menentukan
isi paragraf: fakta.opini, pernyataan/jawaban pertanyaansesuai isi, tujuan
penulis, arti kata/ istilah, isi biografi
Menentukan
opini dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial
Menentukan
isi dan simpulan grafik, diagram, atau tabEL
Menentukan
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu Klasik/hikayat
Menentukan
unsur-unsur intrinsik novel, cerpen, drama
Menentukan
unsur-unsur intrinsik puisi
Menentukan
isi puisi lama: pantun,gurindam
Menulis
paragraf padu
Melengkapi
berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu
Melengkapi
teks pidato
Melengkapi
paragrapf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang,
ungkapan ,peribahasa
Menyunting
penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf
Menyunting
kalimat dalam surat resmi
Menulis
judul sesuai EYD
Menulis
karya ilmiah ( latar belakang dan rumusan masalah)
Melengkapi
larik puisi lama/baru ( dengan kata kias/berlambang/ berima/bermajas
Melengkapi
dialog drama
Menentukan
kalimat resensi
Menentukan
kalimat kritik
Menentukan
kalimat esai
|
Disajikan
sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat ide pokok, siswa dapat menentukan
ide pokok
Disajikan
sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat utama, siswa dapat
menentukan kalimat utama paragraf
Disajikan
sebuah kalimat utama, siswa dapat menentukan kalimat penjelas yang sesuai
Disajikan sebuah paragraf , siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai isi paragraf
Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya
terdapat fakta, siswa dapat menentukan fakta dalam
paragraf
Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya
terdapat opini, siswa dapat menentukan opini dalam paragraf
Disajikan kutipan biografi tokoh yang di
dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh tersebut, siswa dapat
menentukan hal yang diteladani/yang menarik dari tokoh tersebut
Disajikan kutipan
biografi tokoh yang di dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh
tersebut, siswa dapat menentukan isi
biografi
Disajikan kutipan
biografi tokoh yang di dalamnya terdapat keteladanan/kemenarikan dari tokoh
tersebut, siswa dapat menentukan arti
istilah yang terdapat dalam kutipan
Disajikan kutipan tajuk
rencana, siswa dapat menentukan kalimat berupa simpulan opini
penulis/editorial
Disajikan kutipan tajuk
rencana, siswa dapat menentukan pihak
yang dituju
Disajikan
grafik, diagram, atau tabel, siswa dapat menentukan:
(1)
pernyataan yang sesuai dengan isi/data grafik, diagram,
atau tabel
(2)
simpulan isi/data grafik, diagram, atau tabel
Disajikan
kutipan hikayat, siswa dapat menentukan:
(1) kemustahilan yang terdapat dalam hikayat
(2) nilai
(3) amanat
Disajikan
kutipan cerpen/novel, siswa dapat menentukan:
(1)
deskripsi watak tokoh
(2)
pembuktian watak tokoh dalam kutipan
(3)
sudut pandang yang terdapat dalam kutipan
Disajikan
sebuah puisi, siswa dapat menentukan:
(1)
makna kata berlambang dalam puisi
(2)
maksud isi puisi
Disajikan sebait gurindam, siswa dapat menentukan
isi gurindam tersebut
Disajikan sebait pantun, siswa dapat menentukan isi
pantun tersebut
Disajikan lima kalimat acak, siswa dapat menyusun
sebuah paragraf padu.
Disajikan
sebuah silogisme yang dirumpangkan K,
siswa dapat melengkapinya dengan pernyataan
yang tepat
Disajikan
sebuah paragraf analogi yang dirumpangkan kalimat simpulannya, siswa dapat
melengkapinya dengan kalimat simpulan yang tepat
Disajikan
sebuah paragraf generalisasi yang dirumpangkan kalimat simpulannya, siswa
dapat melengkapinya dengan kalimat simpulan yang tepat
Disajikan
sebuah paragraf sebab-akibat yang dirumpangkan kalimat berupa akibat, siswa
dapat melengkapinya dengan kalimat akibat yang tepat
Disajikan
sebuah teks pidato yang dirumpangkan sebuah kalimat persuasi, siswa dapat
melengkapinya dengan kalimat persuasi yang tepat
Disajikan
sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata baku, siswa dapat
melengkapinya dengan kata baku yang tepat
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga
sampai lima kata serapan, siswa dapat melengkapinya dengan kata serapan yang
tepat
Disajikan
sebuah paragraf yang dirumpangkan tiga sampai lima kata berimbuhan, siswa
dapat melengkapinya dengan kata berimbuhan yang tepat
Disajikan
sebuah paragraf yang dirumpangkan kata ulang, siswa dapat melengkapinya
dengan kata ulang yang tepat
Disajikan
sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat
Disajikan
sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan peribahasa yang
tepat
Disajikan
sebuah paragraf deskripsi yang dirumpangkan frasa adjektiva, siswa dapat
melengkapinya dengan kalimat frasa adjektiva yang tepat
Disajikan
sebuah paragraf yang dirumpangkan kata
penghubung, siswa dapat melengkapinya
dengan kata penghubung yang tepat
Disajikan
penulisan alamat surat yang salah
penulisan dan diksinya, siswa dapat menentukan perbaikannya
Disajikan
penulisan pemerian dalam surat yang
tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya
Disajikan
kalimat pembuka surat yang salah penulisan dan diksinya, siswa dapat
menentukan kalimat perbaikannya
Disajikan kalimat pembuka surat
lamaran pekerjaan yang salah, siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya
Disajikan
kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang salah penulisan dan diksinya,
siswa dapat menentukan kalimat perbaikannya
Disajikan
kalimat penutup surat resmi yang salah penulisan dan diksinya, siswa dapat
menentukan kalimat perbaikannya
Disajikan judul karangan yang salah penulisannya, siswa dapat menentukan
penulisan judul yang sesuai EYD sebagai perbaikannya
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat latar
belakang masalah sesuai ilustrasi
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat rumusan masalah sesuai ilustrasi
Disajikan puisi yang dirumpangkan lariknya (yang berupa
majas), siswa dapat menentukan majas yang tepat untuk melengkapinya
Disajikan
kutipan naskah drama, siswa dapat melengkapi dialog yang rumpang
Disajikan 2 kutipan resensi yang memuat beberapa unsur resensi (
keungulan, kelemahan, nilai, kepengarangan, dll), siswa dapat menentukan bahwa kutipan tersebut berupa resensi dengan
alasan yang tepat.
Disajikan penjelasan
buku/kutipan karya sastra yang di dalamnya terdapat penilaian keunggulan,
kelemahan, atau keunikan karya tersebut, siswa dapat menentukan kalimat
kritik yang sesuai dengan penjelasan/kutipan karya tersebut
Disajikan
sebuah paragraf esai, siswa menentukan kalimat simpulan yang tepat untuk
mengakhiri paragraf tersebut
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Minggu, 20 Mei 2012
SKL DAN INDIKATOR SOAL TRY OUT
SKL DAN INDIKATOR SOAL
TRY OUT UN BAHASA INDONESIA 2012
Purwokerto,
31 Januari 2012
Guru
Pengampu,
Sri
Yuliyarti
Selamat
berjuang, semoga sukses!
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
contoh soalnya mana ya mbak? butuh nih
BalasHapusAkan saya kirimkan via email Anda saja. Jadi, tolong saya diberi alamat email.
HapusKrim soal ke email sya mbak. Malikaardini@gmail.com
BalasHapusKirimi ke malikaardini@gmail.co.id saja yaaa. Makasiii
BalasHapus