- 1. Setiap siswa mendapat sebuah kartu
- 2. Setiap siswa memikirkan soal atau jawaban dari kartu yang dipegang
- 3. Setiap siswa mencari pasangan pemegang kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
- 4. Setiap pasangan yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
- 5. Setelah satu babak selesai, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dengan sebelumnya
- 6. Demikian seterusnya
- 7. Guru memberi komentar dan masukan berdasarkan masalah yang muncul atau menjawab pertanyaan yang muncul setelah beberapa babak berakhir
- 8. Guru membuat simpulan dan mengumumkan pasangan-pasangan tercepat
Senin, 07 Mei 2012
MODEL PEMBELAJARAN
MAKE A MATCH DAN MEMBACA BERBAGAI
POLA PARAGRAF
Standar Kompetensi
11. Memahami ragam wacana tulis melalui
kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi Dasar
11.2 Menentukan
kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
Catatan:
1. Model ini tepat diterapkan untuk sesi review. Artinya,
siswa telah menguasai atau memahami esensi materi baik melalui pembelajaran
bersama guru ataupun belajar sendiri
2. Kartu soal dan kartu jawaban yang harus dipersiapkan guru
sebelum pembelajaran dimulai
a. Kartu-kartu soal yang dipersiapkan guru antara lain
berisi
1) satu
contoh paragraf deduktif dan sebuah soal yang menanyakan
pikiran utama/ide pokok
sebuah paragraf induktif,
2) satu
contoh paragraf induktif dan sebuah soal yang menanyakan
pikiran utama/ide pokok sebuah paragraf
deduktif,
3) sebuah
paragraf generalisasi yang dirumpangkan kalimat simpulannya dan sebuah soal
yang menanyakan kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut
4) sebuah
paragraf analogi yang dirumpangkan kalimat simpulannya dan sebuah soal yang
menanyakan kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut
5) sebuah
paragraf sebab akibat yang dirumpangkan kalimat simpulannya dan sebuah soal
yang menanyakan kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut
6) soal
yang menanyakan sebuah contoh paragraf generalisasi
7) soal
yang menanyakan sebuah contoh paragraf analogi
8) soal
yang menanyakan sebuah contoh paragraf sebab akibat
9) soal
yang menanyakan ciri-ciri sebuah paragraf generalisasi
10) soal
yang menanyakan ciri-ciri sebuah paragraf analogi
11) soal
yang menanyakan ciri-ciri sebuah paragraf sebab akibat
b. Kartu-kartu jawaban yang dipersiapkan guru berisi sebuah
jawaban dari semua soal yang tertulis pada kartu soal. Sesuai dengan pertanyaan
pada kartu soal di atas, maka kartu jawaban berisi
1) Sebuah
pikiran utama/ide pokok paragraf deduktif yang terdapat pada kartu soal 1
2) Sebuah
pikiran utama/ide pokok paragraf induktif yang terdapat pada kartu soal 2
3) Sebuah
kalimat simpulan generalisasi sesuai paragraf pada kartu soal 3
4) Sebuah
kalimat simpulan analogi sesuai paragraf pada kartu soal 4
5) Sebuah
kalimat simpulan sebab akibat sesuai paragraf pada kartu soal 5
6) Contoh
paragraf generalisasi
7) Contoh
paragraf analogi
8) Contoh
paragraf sebab akibat
9) Ciri-ciri
paragraf generalisasi
10) Ciri-ciri
paragraf analogi
11) Ciri-ciri
paragraf sebab akibat
3. Apabila jumlah kartu soal dan kartu
jawaban belum sejumlah siswa, guru bisa memperbanyak kartu soal dan kartu
jawaban nomor 3 sampai dengan 8.
Kegiatan
Inti Pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar