No.
Urut
|
Kompetensi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
1.
|
Membaca Nonsastra
1. Memaknai istilah
2. Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan makna istilah “......”
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan kalimat utama
|
PG
PG
|
2.
|
Membaca Nosastra
11. Menemukan ide pokok
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan ide pokok
|
PG
|
3
|
2. Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menjawab pertanyaan sesuai bacaan
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan kalimat tidak padu
Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan kalimat yang merupakan fakta
|
PG
PG
PG
|
4.
|
Menulis Terbatas
5. Menentukan istilah/kata yang tepat sesuai konteks
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra yang dirumpangkan bagian-bagiannya, siswa menentukan istilah yang tepat
|
PG
|
5.
|
Menyunting kata, Kalimat, dan Paragraf
6. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
7. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
8. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
9. Mengartikan kata
|
Disajikan sebuah paragraf nonsastra yang di dalamnya terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa menentukan kata-kata yang tepat untuk mengganti kata yang salah
Disajikan sebuah penggalan tajuk rencana, siswa menentukan opini penulis tajuk
Disajikan sebuah penggalan tajuk rencana, siswa menentukan sasaran tajuk
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa mengartikan kata “….”
|
PG
PG
PG
PG
|
6
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
10. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan pada judul
|
Disajikan sebuah ilustrasi yang di dalamnya terdapat penulisan judul yang salah, siswa menentukan penulisan judul yang tepat sesuai EYD
|
PG
|
7
|
Membaca Nonsastra
12. Menemukan inti kalimat
13. Menentukan makna rujukan
14. Menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
|
Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan inti kalimat
Disajikan sebuah paragraf nonsastra yang di dalamnya terdapat kata rujukan, siswa menentukan makna rujukan kata tersebut
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan maksud penulis
|
PG
PG
PG
|
8
|
Menulis Terbatas
17. Melengkapi unsur teks eksposisi
18. Melengkapi unsur teks deskripsi
19. Melengkapi teks narasi
20. Melengkapi teks sastra
21. Melengkapi teks ulasan
22. Melengkapi teks prosedur
|
Disajikan sebuah teks drama, siswa menentukan hal yang disepakati dalam teks drama
Disajikan sebuah teks deskripsi yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah teks narasi yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah teks sastra yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah teks ulasan yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah teks prosedur yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
9
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
23. Menggunakan istilah dalam kalimat
24. Menggunakan kata bentukan
|
Disajikan sebuah kalimat yang salah satu unsurnya dirumpangkan, siswa menentukan istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan , siswa menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan , siswa menentukan kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan , siswa menentukan ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan , siswa menentukan frase ajektiva yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
25. Menggunakan ejaan
26. Menggunakan tanda baca
|
Disajikan sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan ejaan, siswa menentukan perbaikan ejaan yang tepat
Disajikan sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa menentukan perbaikan tanda baca yang tepat
|
PG
PG
| |
10
|
Membaca Nonsastra
27. Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks
28. Menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
29. Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
|
Disajikan dua teks nonsastra, siswa menentukan persamaan dua teks
Disajikan dua teks nonsastra, siswa menentukan perbedaan dua teks
Disajikan dua teks nonsastra, siswa menentukan simpulan perbedaan isi dua teks
Disajikan penggalan biografi tokoh, siswa menentukan hal yang bisa diteladani dari tokoh
|
PG
PG
PG
PG
|
11
|
Menulis Terbatas
35. Mengurutkan unsur teks
36. Memvariasikan kata yang bermakna sama
37. Memvariasikan kalimat yang bertujuan yang sama
38. Menyususn paragraf dari beberapa data
39. Menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
|
Disajikan lima kalimat acak, siswa menentukan urutan yang tepat sehingga menjadi teks yang padu
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan beberapa bagiannya, siswa menentukan kata bersinonim yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan variasi kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa data, siswa menentukan susunan paragraf yang padu
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan konjungsinya, siswa menentukan konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
12
|
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
40. Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat sebuah kalimat yang salah, siswa menentukan pembetulannya
|
PG
|
13
|
Membaca sastra
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
41. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
42. Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan penggalan cerpen, siswa menentukan akibat konflik
Disajikan kalimat yang salah tanda bacanya, siswa menentukan pembetulannya
|
PG
PG
|
14
|
Menulis paragraf padu
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Penulisan karya tulis
Menulis paragraf padu
|
Disajikan sebuah topik, siswa mengembangkannya menjadi sebuah paragraf analogi minimal lima kalimat
Disajikan sebuah topik, siswa mengembangkannya menjadi sebuah paragraf generalisasi minimal lima kalimat
Disajikan judul karangan yang salah penulisannya, siswa dapat menentukan penulisan judul yang sesuai EYD sebagai perbaikannya
Disajikan sebuah topik karya tulis,siswa menyusun kalimat latar belakang masalah dan kalimat rumusan masalah
Disajikan sebuah PU dan PK , siswa dapat membuat K sehingga menjadi sebuah silogisme yang baik
|
Esai
Esai
Esai
Esai
Esai
|
Sabtu, 11 Maret 2017
INDIKATOR SOAL US 2017
INDIKATOR SOAL UJIAN SEKOLAH
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SMA NEGERI 3 PURWOKERTO
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar