Pages

Labels

This is featured post 1 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 2 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 3 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 4 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 5 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Footer Widget 2

Sabtu, 11 Maret 2017

INDIKATOR SOAL US 2017






INDIKATOR SOAL UJIAN SEKOLAH
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SMA NEGERI 3 PURWOKERTO
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
 


No.
Urut


Kompetensi


Indikator Soal
Bentuk Soal

1.
Membaca Nonsastra
1. Memaknai istilah
2. Mengidentifikasi informasi tersurat

Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan makna istilah “......”
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan kalimat utama
PG


PG
2.
Membaca Nosastra
11. Menemukan ide pokok
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan ide pokok
PG
3
2. Mengidentifikasi informasi tersurat

Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menjawab pertanyaan sesuai bacaan
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan kalimat tidak padu
Disajikan sebuah paragraf, siswa menentukan kalimat yang merupakan fakta
PG

PG

PG
4.
Menulis Terbatas
5. Menentukan istilah/kata yang tepat sesuai konteks
Disajikan sebuah paragraf nonsastra yang dirumpangkan bagian-bagiannya, siswa menentukan istilah yang tepat

PG
5.





Menyunting kata, Kalimat, dan Paragraf
6. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
7. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
8. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
9. Mengartikan kata

Disajikan sebuah paragraf nonsastra yang di dalamnya terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa menentukan kata-kata yang tepat untuk mengganti kata yang salah
Disajikan sebuah penggalan tajuk rencana, siswa menentukan opini penulis tajuk
Disajikan sebuah penggalan tajuk rencana, siswa menentukan sasaran tajuk
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa mengartikan kata “….”
PG


PG

PG

PG
6
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
10. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan pada judul

Disajikan sebuah ilustrasi yang di dalamnya terdapat penulisan judul yang salah, siswa menentukan penulisan judul yang tepat sesuai EYD
PG
7
Membaca Nonsastra
12. Menemukan inti kalimat
13. Menentukan makna rujukan
14. Menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan inti kalimat
Disajikan sebuah paragraf nonsastra yang di dalamnya terdapat kata rujukan, siswa menentukan makna rujukan kata  tersebut
Disajikan sebuah paragraf nonsastra, siswa menentukan maksud penulis
PG
PG


PG

8
Menulis Terbatas
17. Melengkapi unsur teks eksposisi
18. Melengkapi unsur teks deskripsi
19. Melengkapi teks narasi
20. Melengkapi teks sastra
21. Melengkapi teks ulasan
22. Melengkapi teks prosedur
Disajikan sebuah teks drama, siswa menentukan hal yang disepakati dalam teks drama
Disajikan sebuah teks deskripsi yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang

Disajikan sebuah teks narasi yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah teks sastra yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah teks ulasan yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah teks prosedur yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang

PG

PG



PG

PG


PG


PG


9
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
23. Menggunakan  istilah dalam kalimat
24. Menggunakan kata bentukan




Disajikan sebuah kalimat yang salah satu unsurnya dirumpangkan, siswa menentukan istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan , siswa menentukan  kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan , siswa menentukan   kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan , siswa menentukan   ungkapan  yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan , siswa menentukan   frase ajektiva yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
PG


PG


PG


PG

PG





Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
25. Menggunakan ejaan
26. Menggunakan tanda baca
Disajikan sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan ejaan, siswa menentukan perbaikan ejaan yang tepat
Disajikan sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan  penggunaan tanda baca, siswa menentukan perbaikan tanda baca yang tepat

PG

PG
10
Membaca Nonsastra
27. Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks
28. Menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
29. Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks


Disajikan dua teks nonsastra, siswa menentukan persamaan dua teks
Disajikan dua teks nonsastra, siswa menentukan perbedaan dua teks

Disajikan dua teks nonsastra, siswa menentukan simpulan perbedaan isi dua teks
Disajikan penggalan biografi tokoh, siswa menentukan hal yang bisa diteladani dari tokoh

PG

PG


PG

PG
11
Menulis Terbatas
35. Mengurutkan unsur  teks
36. Memvariasikan kata yang bermakna sama
37. Memvariasikan kalimat yang bertujuan yang sama
38. Menyususn paragraf dari beberapa data
39. Menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai


Disajikan lima kalimat acak, siswa menentukan urutan yang tepat sehingga menjadi teks yang padu

Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan beberapa bagiannya, siswa menentukan kata bersinonim yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang

Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan variasi kalimat yang bertujuan sama

Disajikan beberapa data, siswa menentukan susunan paragraf yang padu
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan konjungsinya, siswa menentukan konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang
PG


PG


PG



PG

PG
12
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
40. Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat

Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat sebuah kalimat yang salah, siswa menentukan pembetulannya
PG
13
Membaca sastra

Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
41. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
42. Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

Disajikan penggalan cerpen, siswa menentukan akibat konflik
Disajikan kalimat yang salah tanda bacanya, siswa menentukan pembetulannya
PG
PG
14





Menulis paragraf padu
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Penulisan karya tulis
Menulis paragraf padu
Disajikan sebuah topik, siswa mengembangkannya menjadi sebuah paragraf analogi minimal lima kalimat

Disajikan sebuah topik, siswa mengembangkannya menjadi sebuah paragraf generalisasi minimal lima kalimat

Disajikan judul karangan yang salah penulisannya, siswa dapat menentukan penulisan judul yang sesuai EYD sebagai perbaikannya

Disajikan sebuah topik karya tulis,siswa menyusun kalimat latar belakang masalah dan    kalimat rumusan masalah

Disajikan sebuah PU dan PK , siswa dapat membuat K sehingga menjadi sebuah silogisme yang baik
Esai


Esai


Esai



Esai


Esai





0 komentar:

Posting Komentar