Senin, 07 Mei 2012
MODEL PEMBELAJARAN
SNOWBALL THROWING DAN
MENULIS PUISI
Standar Kompetensi
4. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, berbagai
bentuk tulisan sastra melalui menulis puisi, cerpen, dan resensi buku kumpulan
cerpen
Kompetensi Dasar
4.2 Menulis puisi
Kegiatan Inti Pembelajaran
1.
Kelas dibagi dalam kelompok-kelompok @ lima
orang
2.
Guru memanggil masing-masing ketua kelompok
untuk diberi penjelasan tentang materi
menulis pantun
3.
Masing-masing ketua kelompok kembali ke
kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan guru kepada anggota
kelompok
4.
Masing-masing siswa diberi satu lembar kertas
kerja untuk menulis dua larik isi pantun selama 5 menit
5.
Kertas kerja tersebut dibuat seperti bola dan
dilempar dari satu siswa ke siswa lain
selama 5 hitungan.
6.
Masing-masing siswa memperoleh kertas kerja
buatan teman
7.
Masing-masing siswa melengkapi pantun dengan
cara menulis sampiran yang sesuai dengan isi pantun, kemudian menulis maksud
atau isi pantun dalam satu atau dua
kalimat di lembar yang sama selama 10 menit
8.
Siswa yang menyelesaikan tugasnya sebelum batas
waktu diberi poin
9.
Masing-masing siswa membacakan kertas kerja yang
baru saja dilengkapi sambil menginformasikan nama siswa penulis dua larik isi
pantun yang dipegangnya
10.
Langkah nomor 4 sampai dengan nomor 9 dapat
diulang sekali lagi, diusahakan setiap siswa mengisi kertas kerja dari teman
yang berbeda dengan putaran sebelumnya
11.
Guru memberikan simpulan dan mengevaluasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar