Pages

Labels

This is featured post 1 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 2 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 3 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 4 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 5 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Footer Widget 2

Senin, 07 Mei 2012

MODEL PEMBELAJARAN


SNOWBALL THROWING DAN MENULIS PUISI
Standar Kompetensi
4. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, berbagai bentuk tulisan sastra melalui menulis puisi, cerpen, dan resensi buku kumpulan cerpen

Kompetensi Dasar
4.2 Menulis puisi
Kegiatan Inti Pembelajaran
1.       Kelas dibagi dalam kelompok-kelompok @ lima orang
2.       Guru memanggil masing-masing ketua kelompok untuk diberi  penjelasan tentang materi menulis pantun
3.       Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan guru kepada anggota kelompok
4.       Masing-masing siswa diberi satu lembar kertas kerja untuk menulis dua larik isi pantun selama 5 menit
5.       Kertas kerja tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain  selama  5 hitungan.
6.       Masing-masing siswa memperoleh kertas kerja buatan teman
7.       Masing-masing siswa melengkapi pantun dengan cara menulis sampiran yang sesuai dengan isi pantun, kemudian menulis maksud atau isi pantun  dalam satu atau dua kalimat di lembar yang sama selama 10 menit
8.       Siswa yang menyelesaikan tugasnya sebelum batas waktu diberi poin
9.       Masing-masing siswa membacakan kertas kerja yang baru saja dilengkapi sambil menginformasikan nama siswa penulis dua larik isi pantun yang dipegangnya
10.   Langkah nomor 4 sampai dengan nomor 9 dapat diulang sekali lagi, diusahakan setiap siswa mengisi kertas kerja dari teman yang berbeda dengan putaran sebelumnya
11.   Guru memberikan simpulan dan mengevaluasi

0 komentar:

Posting Komentar